Monday, December 10, 2018

Reading Skill

Hai guys, sebelum belajar kita mulai dengan semangat yukk!! Materi ini tentang bagaimana kita memahami bacaan dengan mudah dan efektif. Seiring dengan berjalannya waktu para calon dokter dituntut buat memahami banyak materi sehingga kelak bisa menjadi dokter yang berkualitas dan berwawasan luar. Sedangkan kadang kita sudah baca berkali tapi gak bisa paham atau malah karena banyak materi kita bingung gimana sih buat memahami semuanya. Oleh karena itu, materi ini cocok buat ngejawab kendala kita dalam belajar. Semoga materi ini bermanfaat buat kita.. hehe... Semangat!!!!
Sebelum memulai materi, jawab pernyataan apakah cara membaca kita sudah efektif atau belum. Ini nih pernyataannya:
1. Saya menyusun pertanyaan-pertanyaan sebelum membaca buku.
2. Sebelum membaca buku, saya melihat-lihat judul, subjudul, cetak tebal, ringkasan dll.
3. Saya mencoba untuk mengartikan setiap istilah asing baru yang saya temui saat membaca buku.
4. Saya menjawab pertanyaan-pertanyan yang saya susun setelah selesai membaca buku.
5. Saya mencari inti utama bacaan.
6. Saya mampu menjelaskan secara detail setiap inti bacaan.
7. Saya membaca satu bab dalam buku teks lebih dari sekali.
8. Saya menggunakan strategi membaca buku seperti SQ3R
“Hayoo dari pernyataan ini berapa banyak yang sesuai dengan kamu? Jangan putus asa kalau banyak yang gak sesuai, sebentar lagi kita bakal nemuin trik-trik buat membaca efektif.
S E-MA-NGAT !”
w Tujuan Membaca:
è Untuk belajar
è Mendapat informasi
è Memahami sesuatu
è Dapat menjawab pertanyaan
è Mendapat rasa percaya diri
è Untuk mengetahui pendapat lainnya
è Memenuhi kebutuhan
è Melakukan evaluasi
è Hiburan
è Mengetahui latar belakang
è Membandingkan ide
è Meningkatkan kosa kata
è Menghemat waktu
w Reading with Purpose...
è Mendapatkan informasi spesifik: skimming.
Contoh: membaca koran
è Memahami alasan, fakta dan belajar: membaca dengan perlahan dan seksama.
è Menikmati kata dan gambar: membaca secara perlahan dan diulang-ulang diperlukan untuk mendapatkan “rasa” bahasa dan gambar.
Contoh: membaca puisi, melihat gambar
è Membaca novel: kadang skimming, kadang perlu detail.
w Sebagai mahasiswa, kita membaca untuk….
è Kuliah: membaca materi sebelum kuliah à mendapatkan relevansi
è Tutorial: à belajar mandiri à partisipasi dalam tutorial
è Assignment/penugasan
è Ujian
w Bagaimana membaca suatu topik yang baru?
è Mulailah dengan membaca teks pendahuluan secara perlahan
è Catatlah istilah-istilah baru dan pahamilah arti dan ejaannya
Bagaimana sih mencari sumber yang relevan?
è Pilihlah buku atau artikel yang memuat overview topik tertentu
è Lihat daftar isi: adakah topik yang dicari?
è Lihat index: carilah kata kunci
è Bacalah bab I dengan metode skimming: bila bab tersebut sesuai, bacalah paragraf pertama dan terakhir à gambaran isi keseluruhan à relevansi buku dengan topik yang ingin dipelajari
w READING STRATEGIES
è ACTIVE READING
> Fokus pada pertanyaan
> Manfaatkan daftar isi dan indeks
> Previewing:
  • Scan” materi
  • Abstrak, tujuan, judul, subjudul, pendahuluan, kesimpulan, gambar, grafik dsb
> Skimming: mencari “lokasi” informasi
> Mencatat informasi penting
> Review catatan
  • Apakah pertanyaan sudah terjawab?
  • Adakah konsep yang belum jelas?
è CRITICAL READING
> Tujuan-tujuan: mendapat informasi mendalam mengenai suatu materi à membaca secara mendalam
> Hal-hal yang perlu ditanyakan saat membaca:
  • Apakah ide atau pernyataan penulis berdasar pada bukti yang kredibel?
  • Apakah argumentasinya logis?
  • Apakah penulis mempresentasikan berbagai aspek pada suatu kasus tertentu?
> Untuk membantu pemahaman materi:
  • Cari tahu bagaimana materi diorganisasi
  • Buatlah catatan penting dan garisbawahi informasi
è READING to REMEMBER: SQ3R
> Memahami bacaan
> Mengingat materi
> Menjelaskan kembali saat diperlukan
> Membaca untuk tutorial, seminar, ujian
w Apasih SQ3R?
è S = Survey
> Survei materi sebelum membaca à overview isi
> Scanning judul, subjudul, abstrak, ringkasan
> Mendapatkan informasi isi pokok suatu topik
è Q = Question
> Apa kata dosen/tutor tentang bab atau subjek tersebut?
> Pikirkan suatu pertanyaan yang akan menuntun saat membaca:
  • Pertanyaan yang akan dicari jawabannya
  • Baca pertanyaan saat selesai membaca
  • Buatlah pertanyaan terhadap judul bacaan
  • Buatlah daftar pertanyaan
è R1 = Read
Bacalah materi dua (2) kali:
> Pertama: tanpa membuat catatan
  • Carilah topik utama: judul, abstrak, ringkasan
  • Carilah jawaban pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya
  • Bandingkan diagram/ilustrasi dengan teks tertulisnya
  • Pahamilah materi yang sedang dibaca: bila ada hal yang sulit dipahami, perlambat kecepatan membaca atau kalau perlu diulang
  • Kadang tidak perlu mencari arti setiap istilah yang sulit: setelah membaca lebih lanjut, makna istilah tersebut dapat dimengerti
> Membaca yang kedua kali: buatlah catatan kecil
  • Inti utama setiap paragraf
  • Carilah detail yang penting: contoh dapat menjadi pengingat
  • Tulislah catatan dengan bahasa sendiri
  • Garisbawahi poin-poin pentingnya
è R2= Recall
> Buku ditutup
> Buatlah catatan hal-hal yang diingat
> Cek akurasi catatan tersebut dengan catatan yang dibuat pada saat membaca
> Kembali membaca, cobalah mengingat kembali
è R3 = Review
> Pada akhir belajar, cek kembali akurasi catatan dengan bacaan asli
> Pada hari berikutnya:
  • Baca kembali catatan untuk mengingat kembali poin utama
  • Baca pertanyaan dan mencoba menjawab dari hasil ingatan
  • Lakukan kembali setelah beberapa hari

No comments:

Post a Comment